Tips Mempelajari Bullish Belt Hold dan Bearish Belt Hold

Daftar Isi

 

Kali ini kita membahas dan mempelajari tentang long body. Garis candle yang memiliki body panjang juga dapat memberikan indikasi yang kuat, terutama jika menyentuh zona support dan rasistance. Pada akhir bagian ini kita akan merangkum kondisi psikologis pasar terkait dengan gais candle tunggal beserta shadow dan body-nya.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari:

  • Sentimen pasar yang melandasi long white body atau black body
  • Tampilan serta arti bullish belt-hold dan bearish belt-hold
  • Pentingnya garis belt-hold saat muncul di support dan rasistance area
  • Manfaat garis belt-hold terhadap keterampilan manajemen kauangan anda
  • Pentingnya upper shadow dan lower shadow di semua garis candle

Itilah penting yang harus di perhatikan:

  • Bullish belt-hold
  • Bearish belt-hold
  • White opening shaven bottom
  • Black opening shaven top
  • Garis belt-hold candle
  • Blow-off

PERMULAAN

Diagram candle menampilkan small body pada puncak uptrend atau downtrend atau mengindikasikan bahwa bull dan bear sedang bersaing kuat.

Sisi lain dari pembalikan garis small-bodied candle ini, yang terdiri atas high wave, spinning top, dan doji, adalah garis tunggal yang memiliki long body berwarna hitam atau putih. Orang jepang menyebutnya garis candle yang memiliki body panjang ini dengan nama belt-hold.

Seperti yang ditunjukan pada Gambar 2.13, bullish belt-hold adalah long white candle yang dibuka pada (atau sangat dekat) dengan titik low sesi perdagangan tersebut dan di tutup pada (atau dekat) dengan titik high sesi perdagangan itu.

Jika muncul dalam tren yang menurun, candle ini mengindikasikan dengan adanya potensi rally. Sedangan jika muncul dalam tren yang meningkat, maka candle ini menunjukan bahwa trend bullish tersebut masih berla
Gambar 2.13
Seperti yang dapat anda lihat pada Gambar 2.13, bearish belt-hold merupakan long black candle yang dibuka pada, atau mendekati tingkat harga high suatu sesi perdagangan kemudian turun drastis saat sesi dilanjutkan. Jika muncul dalam konteks uptrend yang matang, haris ini dapat menghasilkan pembalikan puncak tren.

Secara umum, semakin panjang garis belt-hold candle-nya, semakin penting indikasi yang diberikanya. Kondisi ini tidak mengherankan karena rentang panjang yang mencapai titik kulminasi saat penutupan sesi perdagangan di ujung yang bertolak belakang dari pembukaanya menandakan bahwa bull dan bear tidak ada yang mendominasi sesi itu.

Seperti yang dapat anda lihat dari garis support dan rasistance pada Gambar 2.13, garis beld-hold yang muncul pada zona support atau rasistance (sehingga mengonfirmasikan kedua zona tersebut) merupakan indikasi yang sangat berharga karena garis ini meningkatkan peluang terjadinya pembalikan tren.

Garis belt-hold juga dianggap sebagai indikasi pembalikan jika tidak sering muncul dalam diagram yang menampilkan rentang waktu saat ini.

Sama seperti indikasi pembalikan tren lainya, bullish dan bearish belt-hold dapat berperan sangat penting dalam perinsi manajemen keuangan yang sempurna. Misalkan Anda dalam posisi long dan harga sahamanda meningkat dengan baik dalam pola uptren.

Kemudian, doji atau spinning top candle muncul, di ikiuti dengan pembentukan garis belt-hold. Doji tersebut merupakan peringatan untuk melepaskan posisi long Anda, namun bearish belt-hold mengonfirmasi pembalikan itu dengan pasti dan dapat mengindikasikan waktu yang dapat Anda manfaatkan untuk melepaskan posisi long anda secara keseluruhan dan memperoleh laba.

Sekenario pembalikan ini terjadi jika Anda mempertahankan posisi short dalam konteks downtren. Mungkin saja penurunan itu akan melambat dan bullish belt-hold akan terbentuk pada zona support sebelumnya. Anda dapat memilih untuk menutup sebagian atau seluruh posisi anda sehingga keuntungan anda dapat dipertahankan.

Kita telah mempelajari ukuran body secara mendalam pada bagian-bagian sebelumnya. Namun demikian, keberadaan upper dan lower shadow pada candle juga bisa menjadi sebuah pertanda.

Pada bagian sebelumnya, kita telah mempelajari long lower shadow pada hammer candle dan long upper shadow yang dimiliki oleh shooting star candle.

Long lower shadow pada hammer candle menunjukan fakta bahwa kadang-kadang dalam suatu perdagangan pasar melakukan aksi jual besar-besaran dengan harga murah (sell off) dalam waktu singkat, tapi pada penutupan sesi perdagangan pasar berhasil kembali pada posisinya semula dan ditutup pada atau dekat dengan harga high sesi perdagangan tersebut. Dengan kata lain, long lower shadow secara visual menunjukan bahwa pasar menulak peningkatan harga yang rendah.

Long upper shadow, seperti yang dimiliki oleh shooting star candle, menggambarkan sebuah pasar yang meguji lalu menolak harga yang lebih tinggi.

Demikian pula, jika terdapat long white candle yang memiliki long upper shadow, maka upper dhadow tersebut mengimbangi beberapa implikasi bullish pada long white candle tersebut.

Sebaliknya, implikasi bearish yang ditimbulkan oleh long black candle dikurangi oleh long lower shadow. Karena itulah kita harus memperhitungkan body dan shadow saat menganalisis garis candle.











Posting Komentar